KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
No
|
Kegiatan
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Waktu
|
1
|
·
Salam
·
Doa
Guru meminta salah satu siswa memimpin doa
·
Absensi
Guru menany akan kabar siswa
Guru menanyakan siapa yang tidak menghadiri kegiatan pembelajaran dan mengabsen siswa
·
Apersepsi
-Guru memberi motivasi
belajar kepada siswa
- Guru menyampaikan indikator pembelajaran
|
Pembinaan
karakter
Kolaboratif
|
20
Menit
|
2
|
Kegiatan 1 : Mengamati
Guru menjelaskan tentang tujuan dan fungsi Al-Qur’an
a. Guru menunjuk beberapa siswa untuk
membacakan ayat tentang tujuan dan fungsi Al-Qur’an, kemudian guru
melanjutkan penjelasannya
Kegiatan 2 : Menanya
a. Siswa menanyakan materi yang belum dipahami
dari penjelasan guru.
Kegiatan 3 : Eksperimen/Explorasi
a. Siswa dibagi menjadi 3 kelompok
-
Kelompok 1 : membahas tentang Al-Qur’an sebagai
petunjuk bagi manusia
-
Kelompok 2 : membahas tentang Al-Qur’an sebagai sumber
pokok Ajaran Islam
-
Kelompok 3 : membahas tentang Al-Qur’an sebagai
peringatan dan pelajaran bagi manusia
Kegiatan 4 : Asosiasi
a. Masing-masing kelompok membuat pertanyaan
mengenai tema yang telah ditentukan didalam kartu
b. Kartu ditukar dengan kelompok lain
Kegiatan 5: Komunikasi
a. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai
pertanyaan yang didapat dari kelompok lain
b. kelompok lain memberikan umpan balik
c. Guru memberikan penguatan
|
Literasi
Refleksi
HOTS
HOTS
|
50 Menit
|
3
|
Kegiatan
Akhir
a)
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan menganutupjukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b)
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik
cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c)
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
x
x
x
Tidak ada komentar:
Posting Komentar